Pages

Minggu, 25 September 2011

Review Bab 1 dan Bab 2


Review Bab 1 dan Bab 2
Author        : Sugiarti // : TUGAS Manajemen Proyek & Resiko
Kelas          : 2KB03
NPM          : 26110715
Tugas Manajemen Proyek & Resiko minggu ke-1 & ke-2 :

Bab 1 : Pengenalan Manajemen Proyek.

1.     Latar belakang, sejarah dan motivasi mempelajari manajemen proyek khususnya TI.
-                      Laporan Chaos 1995
• Penelitian Standish Group menunjukkan 31,1% mengejutkan
proyek akan dibatalkan sebelum mereka pernah mendapatkan selesai.
• Hasil lebih lanjut menunjukkan 52,7% dari proyek akan menelan biaya lebih dari 189% perkiraan asli mereka.
• Di sisi keberhasilan, rata-rata hanya 16,2% untuk perangkat lunak
proyek yang diselesaikan tepat waktu.
-                      Sebuah laporan tahun 2001 menunjukkan bahwa AS menghabiskan $ 2.3 triliun untuk
proyek setiap tahun.
• belanja TI di seluruh dunia diperkirakan akan tumbuh sebesar 4%
dan 6% dalam beberapa tahun mendatang.
• Pada tahun 2003 rata-rata manajer proyek senior di US berpenghasilan
hampir $ 90,000 per tahun
• Di AS, nomor-satu realitas acara TV pada tahun 2004, menggambarkan peran manajer proyek penting dalam bisnis.

2.     Keuntungan menggunakan formal manajemen proyek.
• Kontrol yang lebih baik di bidang keuangan, fisik, dan SDM
• Meningkatnya relasi dengan customer
Waktu pembangunan yang lebih singkat
Biaya yang lebih rendah
Kualitas lebih tinggi & meningkatnya reliabilitas
Keuntungan yang lebih besar
• Meningkatnya produktivitas
Koordinasi yang lebih baik
Moral pekerja lebih baik


3.     Pengertian Proyek dan Manajemen Proyek
Proyek adalah rangkaian usaha dalam jangka waktu  tertentu yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk atau jasa unik tertentu , dilaksanakan oleh manusia  dengan memanfaatkan berbagai sumber daya melalui rangkaian proses perencanaan, eksekusi dan kontrol.
Contoh Proyek :
-          Membuat desain baru kendaraan di zaman sekarang.
-          Mengembangkan produk baru
-          Membangun sebuah gedung atau fasilitas dalam sebuah lingkungan
-          Membuat perubahan dalam struktur organisasi.

a)                  Proyek memiliki jangka waktu tertentu yang berarti bahwa rangkaian aktivitas tersebut memiliki titik mulai dan titik selesai yang pasti (ditargetkan).

b)      Bersifat unik yang berarti bahwa tidak ada proyek yang menghasil kan produk atau jasa yang identik.
Manajemen Proyek yaitu penerapan pengetahuan, kompetensi, keahlian, peralatan, metodologi, dan teknik didalam proses pengelolaan sebuah proyek sehingga   dapat memenuhi kebutuhan dan harapan berbagai pihak yang berkepentingan (stakeholders) dari proyek tersebut.

4.     Kendala-kendala Manajemen Proyek

·         Proyek harus beroperasi  dalam lingkungan organisasi yang luas.
·         Manajer proyek perlu mengambil pandangan holistik atau sistem proyek dan  mengerti bagaimana terletak didalam organisasi besar.

5.     Kerangka Kerja Manajemen Proyek

·         Kerangka kerja manajemen proyek menyediakan struktur dasar untuk memahami manajemen proyek
·         Konteks manajemen proyek  menggambarkan lingkungan internal dan eksternal dimana dimana proyek tersebut beroperasi.
·         Rangkaian proses manajemen proyek  menggambarkan pandangan umum tentang bagaimana proses manajemen proyek dalam pengelolaan proyek tersebut dilaksanakan dan hubungan keterkaitan antaranya.

6.     Hubungan manajemen proyek dengan disiplin ilmu lain

·         Sebagian besar pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengelola proyek yang unik atau hampir unik untuk manajemen proyek (misalnya: analisis jalur kritis dan struktur kerja rincian). Namun PMBOK tidak tumpang tindih dengan disiplin manajemen yang lain nya.
·         Manajemen umum meliputi perencanaan, pengorganisasian, staf, melaksanakan, dan mengendalikan operasi perusahaan berlangsung. Manajemen umum juga termasuk mendukung disiplin ilmu seperti pemrograman computer, hukum, statistic dan teori probabilitas,logistic dan personel. PMBOK ini tumpang tindih manajemen umum di banyak daerah- prilaku organisasi, peramalan keuangan, dan teknik perencanaan.
·         Daerah aplikasi adalah kategori proyek yang memeiliki elemen umum yang signifikan dalam proyek tsb namun tidak dibutuhkan hadir dalam semua proyek. Daerah aplikasi didefinisikan dalam hal :
a)      Teknis elemen, seperti pengembangan perangkat lunak, farmasi atau teknik kontruksi.
b)      Manajemen elemen, seperti kontrak pemerintah atau pengembangan produk baru.
c)       Industry kelompok, seperti otomotif, kimia, atau layanan keuangan.

Bab 2 : Konteks Manajemen Proyek dan TI.

1.     Pemahaman mengenai Organisasi dan struktur dasar organisasi serta pengaruhnya pada proyek.
·         Frame Struktual : Berfokus pada peran dan tanggung jawab, koordinasi dan kontrol. Grafik organisasi membantu mendefinisikan frame ini.
·         Frame sumber daya manusia : Fokus pada penyediaan harmoni antara kebutuhan organisasi dan kebutuhan masyarakat.
·         Frame politik : Menganggap organisasi koalisi terdiri dari individu bervariasi dan kelompok kepentingan. Konflik dan kekuasaan merupakan masalah utama.
·         Frame simbolik : Berfokus pada simbol dan makna yang berkaitan dengan peristiwa. Kebudayaan adalah penting.

2.     Komitmen stakeholder dan top manajemen dalam proyek IT.
·         Stakeholder proyek adalah orang-orang yang terlibat atau terpengaruh oleh kegiatan proyek.
·         Para manajer proyek harus mengambil waktu untuk mengidentifikasi, memahami, dan mengelola hubungan dengan semua stakeholder proyek.
·         Menggunakan empat frame organisasi dapat membantu memenuhi kebutuhan stakeholder dan harapan.
·         Senior eksekutif stakeholder sangat penting.
·         Beberapa studi menyebutkan komitmen manajemen puncak sebagai salah satu faktor kunci yang terkait dengan proyek sukses.

3.     Phase dan siklus hidup proyek
-          Siklus hidup proyek adalah kumpulan dari tahapan proyek
-          Tahap proyek bervariasi oleh proyek atau industri, tetapi beberapa tahapan umum adalah konsep, pengembangan, pelaksanaan & dukungan.

4.     Siklus hidup produk
·        Produk juga memiliki siklus hidup
·        Pengembangan Sistem Life Cycle (SDLC) adalah suatu kerangka kerja untuk menggambarkan fase yang terlibat dalam mengembangkan dan memelihara sistem informasi.
·        Tahap SDLC meliputi perencanaan, analisis, desain, implementasi, dan dukungan.

ü Contoh Model SDLC
-          Model air terjun
-          Spiral model
-          Incremental release model
-          RAD model
-          Prototyping model

5.     Fungsi kerja manajemen proyek
·        Menentukan lingkup proyek
·        Mengidentifikasi stakeholder, pengambil keputusan, dan prosedur eskalasi
·        Kembangkan daftar tugas rinci
·        Perkiraan waktu yang diperlukan
·        Mengembangkan diagram alur manajemen proyek awal
·        Laporan status proyek
·        Mengelola perubahan proses kontrol
·        Evaluasi proyek yang diperlukan

6.     Keahlian yang disarankan bagi manajer proyek
·        Keterampilan komunikasi : mendengarkan, membujuk
·        Keahlian organisasi : perencanaan, penetapan tujuan, menganalisis
·        Keterampilan team building : empati, motivasi, esprit de corps
·        Keterampilan kepemimpinan : misalnya set, energik, visi (gambaran besar), delegasi, positif
·        Keterampilan mengatasi : fleksibilitas, kreativitas, kesabaran, ketekunan
·        Keterampilan teknologi : pengalaman, pengetahuan proyek.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About